Pesona Camp Nou, Stadion Bintang Lima

Laporan: FCBI REGIONAL JAKARTA

Camp Nou telah menjadi stadion FC Barcelona sejak tanggal 24 September 1957 , sebagai tanggal peresmiannya .
Rupanya kehadiran sang bintang dari Hungaria Ladislau Kubala dan stadion Barca yang baru dibangun untuk menggantikan yang lama tidak cukup besar untuk mengatasi kepentingan yang menumpuk di dalam tim ini . Stadion di desain oleh arsitek Franscesc Mitjans Miro dan Josep Soteras Mauri , yang berkolaborasi dengan Lorenzo Garcia Barbon , dan stadion ini dibangun dari tahun 1955 sampai 1957 , yang sebagian besar menggunakan baja dan beton . Proyek ini secara keseluruhan memakan biaya yang mengejutkan sebesar 288 juta pesetas , yang berarti klub akan menanggung hutang lebih besar di masa-masa mendatang .

Meskipun awalnya akan diberi nama resmi ‘ estadi del fc barcelona ‘ , stadion ini segera secara populer dikenal dengan nama ‘ Camp Nou ‘ ( Lapangan Baru ) , sebagai kebalikan dari tempat lama klub di les corts , pada musim 2000/2001 . setelah dilakukan pemilihan suara melalui pos berdasarkan keanggotaan klub , barulah keputusan dibuat untuk menjadikan ‘ Camp Nou ‘ nama resmi stadion ini . dari 29.102 suara yang diterima klub , total 19.861 ( 68,25% ) lebih menyukai camp nou daripada estadi del FC Barcelona.

Dengan kapasitas 99.354 stadion iniadalah yang terbesar di eropa saat ini . namun total kapasitas berubah sepanjang tahun karena berbagai modifikasi . ketika stadion inni pertama kali dibuka pada tahun 1957 , tempat ini menampung 93,053 penonton , yang bertambah menjadi 120.000 pada tahun 1982 untuk pertandingan piala dunia FIFA . namun penetapan peraturan baru yang menyatakan bahwa area tribun tidak sah menyebabkan kapasitas stadion dikurangi pada akhir tahun 1990-an menjadi hanya di bawah 99.000 .

Pada musim 1998-99 , UEFA Mengakui layanan dan fungsi-fungsi Camp Nou dengan menganugrahinya status BINTANG LIMA . Di seluruh spanyol , hanya ada empat stadion lainnya yang dapat mengklaim status tersebut , stadion Lluis Companys Olympic yang baru di sevilla , Vicente Calderon , rumah bagi athletico madrid dan Santiago Barnabeu di madrid .
Dari berbagai fasilitas yang ditawarkan didalam stadion ini , yang perlu dicatat adalah kapel di sebelah ruang ganti pakaian , tribun presiden , ruang VIP , ruang media , beberapa studio televisi , pusat media olahraga , Unit kontrol operatif ( UCO ) , area pemain veteran , Museum klub FC Barcelona , dan kantor-kantor dari semua departemen klub yang berbeda .

Mungkin jadi sebuah pertanyaan, kenapa kita mesti bermimpi untuk ke markas FC Barcelona? Dalam hal ini saya membayangkan pesona keindahan camp nou , pertama keelokan dan kemegahan stadion terbesar dari bagian atas ‘ MES QUE UN CLUB ‘ yang berati more than a club bahwa mereka lebih dari sekedar klub , namun juga sebuah keluarga besar , dimana ada ikatan dan hubungan emosional didalamnya .

Kita juga akan membayangkan bila berkunjung ke Camp Nou bisa melewati PLAYERS TUNNEL , yang selalu digunakan para pemain ketika akan memasuki stadion , pasti akan merasakan sungguh sensasi yang luar biasa , ketika melewati tunnel disertai dengan lagu lagu anthem dari barcelona , merasakan rasanya bagaimana menjadi salah seorang pemain barcelona .
Museum Barcelona adalah museum yang paling banyak dikunjungi didunia , deretan – deretan piala di etalase , menunjukan besarnya dan banyaknya prestasi yang telah diraih tim kebanggan warga catalunya ini . Koleksi-Koleksi legendaris , Seperti piala-piala bersejarah , kaos yang dikenakan maradona , ataupun seragam dan sepatu barca pada era dahulu kala , serta banyak benda-benda lainnya yang merupakan saksi mata dari perjalanan barca sejak dahulu hingga masa kini . Visca Barca Y Visca FCBIndonesia (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *