Pemain FC Barcelona yang Mengunakan Nomor Punggung 10

LAPORAN: FCBI Seruyan

Nomor punggung para pemain sepak bola adalah sebuah pilihan untuk menentukan identitas. Tak jarang, nomor punggung dijadikan sebagai “angka keberuntungan” bagi beberapa pemain. Berikut 10 pemain FC Barcelona yang memakai nomor punggung 10.

1. Diego Armando Maradona
Maradona adalah pemain bintang yang sangat fenomenal. Keajaiban kakinya mampu menyihir banyak pemain lawan untuk takhluk dengan dribblingnya yang akurat. Meski memiliki tubuh mungil, pemain asal Argentina ini sangat ditakuti di eranya. Maradona pernah membela Blaugrana pada saat itu. Di barcelona, dia mengenakan nomor punggung 10, yaitu pada tahun 1982-1984.

2. Steve Archibald
Steve Archibald adalah pemain asal Scotlandia yang bermain untuk FC Barcelona. Di pada tahun 1984-1988, dia menggunakan jersey bernomor punggung 10 menggantikan Maradona. Pemain yang lahir pada 27 September 1956 ini merupakan pemain yang cukup berbakat. Dengan posisinya sebagai striker bersama Blaugrana, dia mampu memberi tekanan pada bek dan kiper lawan.

3. Michael Laudrup
Michael Laudrup merupakan striker kelahiran Denmark, 15 Juni 1964 yang mengisi kekosongan nomor punggung 10 di Barcelona setelah era Steve Archibald. Michael Laudrup pernah meraih lima gelar juara La Liga secara berturut-turut. Empat gelar pertama ia raih bersama FC Barcelona. Bahkan pada tahun 1999, dia juga dinobatkan sebagai Pemain Asing Terbaik di Liga Spanyol dalam 25 tahun terakhir.

4. Romario
Romario adalah seorang bintang Brasil yang sangat populer. Lahir di Rio de Janeiro, 29 Januari 1966. Romario bergabung di Barcelona pada tahun 1993 hingga 1995. Dia memakai kostum dengan nomor 10 menggantikan Michael Laudrup. Bersama Blaugrana Romario tampil sebanyak 84 kali dan mencetak 53 gol.

5. Giovanni Silva de Oliveira
Dia adalah pemain berbakat pemakai nomor punggung 10 di Barcelona. Berkebangsaan Brasil, Giovanni Silva de Oliveira menjelma menjadi pemain yang cukup di takuti lawan. Insting gol pemain yang lahir pada 4 Februari 1972 ini cukup tinggi. Diboyong dari klub Santos FC di tahun 1996, Giovanni langsung bermain di tim reguler dan mampu mengemas 18 gol dalam satu musim.

6.Jari Litmanen
Dia adalah pemain asal Finlandia yang lahir pada 20 Februari 1971. Nama besarnya mulai mencuat bersama Ajax kala dia berhasil membawa klub asal Belanda tersebut menyabet gelar Liga Champions. Karirnya di Ajax kemudian terputus setelah dia menandatangani kontrak bersama Barcelona pada tahun 1999. Dia pun secara otomatis mengenakan kostum bernomor punggung 10 menggantikan Giovanni.

7.Rivaldo Vitor Borba Ferreira
Ditangani oleh pelatih Llorenc Serra Ferrer, Barcelona berubah drastis. Pelatih tersebut lebih mengunggulkan pemain berdarah Brasil, yaitu Rivaldo. Rivaldo pun diberi mandat oleh Ferrer untuk mengenakan kostum bernomor punggung 10 pada saat itu.

8.Juan Román Riquelme
Ditahun 2002, setelah era Rivaldo di Barcelona, ada era Riquelme. Riquelme adalah pemain asal Argentina yang diboyong dari Boca Juniors. Dia menggantikan Rivaldo mengenakan kostum bernomor punggung 10. Karirnya bersama Blaugrana ternyata tak bisa sebagus Rivaldo. Dia lebih banyak dimainkan sebagai pemain pengganti.

9.Ronaldinho
Pemain ini bergabung dengan Barcelona pada musim 2003-2004, kala itu dia hanya mampu membawa Blaugrana finish di peringkat dua La Liga. namun musim berikutnya, dia mempersembahkan gelar juara La Liga untuk Barca. Bahkan di tahun tersebut Ronaldinho berhasil menyabet penghargaan individu sebagai pemain terbaik dunia.

10. Lionel Messi
Pada awalnya, Messi bermain untuk Barcelona Junior Infantil B dan Cadete B & A antara tahun 2000-2003. Kala itu dia mampu mencetak 37 gol dari 30 pertandingan di cadete A. Pada tahun 2008 adalah saat pertama kalinya pemain yang lahir 24 Juni 1987 ini menggunakan kostum bernomor 10 di Barcelona menggantikan Ronaldinho. Sebelumnya dia menggunakan nomor 30 dan 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *