Kemerdekaan Cataluna, Barcelona Tetap Bermain di La Liga

FCBI– Gonjang-ganjing politik yang memanas antara kubu Cataluna dan Spanyol sejauh ini belum ada tanda-tanda akan berakhir. Sedari itu, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu menegaskan, pisah atau tidaknya Cataluna dari Spanyol, Barcelona akan tetap bermain di La Liga. Referendum Cataluna sendiri telah berlangsung pada 1 Oktober lalu yang konon hasilnya banyak pemilih yang menghendaki Cataluna merdeka alias berpisah dengan Spanyol.

Atas kondisi politik tersebut, banyak pihak yang mengkhawatirkan nasib Barcelona di La Liga. Terlebih sebelumnya Presiden La Liga, Javier Tebas, melontarkan pernyataan bahwa bukan tak mungkin Barcelona bakal dilarang tampil karena dinamika politik tersebut. Meski begitu, menteri olahraga Catalunya, Gerard Figueras mengatakan klub profesional bebas memilih masa depannya usai kemerdekaan Catalunya. “Anda bisa yakin jika dewan pimpinan selalu membela klub ini. Kami tak mungkin membawa klub ini dalam situasi beresiko,” ujar Bartomeu.

“Saya bilang kami ingin terus main di La Liga dan sampai sekarang, partisipasi kami di La Liga sudah dijamin. Ada situasi saling menguntungkan antara La Liga dan Barcelona jika kami tetap di sini,” demikian sahutnya menambahkan.
Barcelona mencetak rekor pendapatan sebesar 897 juta euro musim ini. Barcelona juga coba cari untung dengan mencari sponsor untuk Camp Nou. “Renovasi Camp Nou sangat penting buat pendapatan klub. Negoisasi dengan sponsor sejauh ini berjalan bagus,” ucapnya. Positifnya, seluruh pemain semua pihak di tubuh Barcelona tak terganggung atas isu referendum tersebut.

Barcelona tidak ingin berkompetisi di negara lain. Bahkan andai Catalan merdeka Blaugrana memilih untuk bersaing di La Liga.Referendum Catalan memunculkan spekulasi tentang kompetisi yang akan diikuti Barcelona andai Spanyol tidak mengizinkan mereka bersaing di La Liga. Hal ini sempat disampaikan oleh Presiden La Liga Javier Tebas.
Namun, tampaknya dialog sudah dilakukan di mana kedua belah pihak merasa ada hubungan mutualisme. Menteri Olahraga Catalan Gerard Figueras optimistis Barcelona tetap menjadi pesaing di La Liga.

Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengamini sikap pemerintah Catalan untuk mencari solusi terbaik bagi Lionel Messi dan kawan-awan. “Saya bilang kami ingin terus main di La Liga dan sekarang keikutsertaan di La Liga sudah dijamin. Ada situasi saling menguntungkan antara La Liga dan Barcelona jika kami tetap di sini,” kata Bartomeu dikutip dari ESPN.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *