Sergio Busquets ‘Bintang tak Terlihat’

Laporan: FCBI Regional Polman

Banyak yang tidak memperhitungkan seorang Sergi ( Busquets ) adalah salah satu pemain tengah terbaik yang dimiliki barcelona dan timnas spanyol bahkan dunia saat ini. Si robot begitulah julukannya karena gaya khas bermainnya yang tenang, pintar dan cerdas mengatur ritme permainan tim. Perannya sangat vital untuk skema tiki taka Barcelona dan juga Timnas Spanyol. Walapupun begitu dalam beberapa tahun terkahir periode ballon d or nama Sergi tidak pernah masuk dalam formasi pemain terbaik eleven FIFA.

Mengenai prestasi tidak perlu diragukan lagi buktinya selama bermain bersama barca dan timnas Spanyol merupakan prestasi yang luar biasa kepada pemain kelahiran 16 Juli 1988 ini. Mulai dari gelar level kompetisi domestik hingga level kompetisi setingkat liga champions bahkan piala dunia sekalipun sudah diraihnya bersama tim. Terlepas dari prestasinya Sergio juga banyak di cibir soal permainannya yang lambat dan juga terkadang dianggap sering melakukan diving. Soal skill sekilas pemain ini ( Busquets ) tidak terlalu istimewa. Jangan bayangkan pemain ini seperti rekannya Andres Iniesta dan terlebih Lionel Messi yang mempunyai skill mencolok.

Tetapi pemain ini memeliki keunikan tersendiri seperti yang sudah kami bahas sebelumnya yakni mempunyai visi bermain yang tenang pintar mengatur ritme permainan. Posisinya bisa dikatakan sebagai jantung aliran bola dari lini belakang hingga tengah dan depan. Karakternya sesuai dengan fomasi ciri khas Barcelona 4-3-3 dengan mengandalkan passing sentuhan satu dua atau disebut tiki taka. Puncaknya pada saat barca masih di tunggangi pelatih terbaik dunia Pep Guardiola. Bersama rekannya dilini tengah Andres Iniesta dan Xavi Hernandes pada saat itu sempat disebut-sebut sebagai segi tiga bermudanya tim Barcelona yang sulit dtandingi lawan.

Pertanyaan besar sampai saat ini mengapa Sergio Busquets kurang begitu mendapat perhatian dan penghargaan sekalipun dari insan sepak bola dunia. Untuk menjawab bahwa Sergio Busquets merupakan salah satu gelandang terbaik di dunia adalah perannya yang tak tergantikan di tim FC Barcelona dan timnas Spanyol. Bagi kami Sergio Busquets adalah bintang tak terlihat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *