Presiden FC Barcelona dari Masa ke Masa

Laporan: FCBI Regional Soppeng

Nama Barcelona sepertinya sudah tidak asing lagi dengan sepakbola. Setiap orang yang mendengar nama Barcelona, bukan hanya terbayang kota yang indah dan besar di Spanyol, tapi juga sebuah klub sepakbola yang sangat terkenal di seluruh belahan dunia,Yang Didirikan Oleh HANS GAMPER/JOAN GAMPER Tapatnya Pada Tahun 29 November 1899.Berbeda dengan klub lain Diseluruh dunia, Fc Barcelona memiliki satu nilai luhu yang terus dipegang teguh oleh klub, dan juga para penggemarnya.Dulu,Klub sepakbola ini didirikan hanya sebagai klub sepak bola biasa saja,tapi seiring dengan berjalannya waktu klub barcelona ini memjadi salah satu identitas warga CATALAN, Keunikan dari klub ini adalah logan “Mes Que Un Comunitat” yang makananya “Lebih Dari Sebuah Klub”. Menjadi Klub yang terbaik memerlukan suatu kerja keras yang luar biasa.namun dibalik semua kesuksesan yang sudah diraih tiada satupun yang bisa mencapai keberhasilan itu tanpa kesulitan dan perjuangan.Barcelona adalah salah satu klub terbaik dunia dan didalamnya banyak sekali pemain hebat,pelatih sampai presiden yang meraih banyak pencapaian.

Meski begitu ada juga pemain yang menjadi terkenal berkat keputusan kontroversial yang dibuat oleh dirinya sendiri maupun klub. Pemain seperti Migueli,Carles Puyol,Xavi, dan Ladislao kubala menjadi pemain yang terkenal akan komitmen dan dedikasinya kepada klub yang mereka tunjukkan selama berkarier di tanah catalunya. Kebanyakan pemain-pemain ini dianggap sebagai dewa sepak bola oleh para penggemarnya,Namun mereka juga selalu disebutkan dengan penuh keaguman dan penghargaan.Namun selain itu,ada juga warna lain yang melingkupi Barcelona.Sejak tahun 1899 Fc Barcelona sudah memiliki sebanyak 47 presiden. Tidak semua presiden bisa mempersembahkan gelar juara pada klub karena berbagai alasan dan latar belakang yang berbeda.Sedikit kami menceritakan Beberapa Presiden Fc Barcelona Dari Masa Ke Masa:

Walter Wild : Pada 8 Desember 1899 Wild berpartisipasi sebagai pemain pertama dalam sejarah klub,Karena saat itu barcelona kekurangan pemain,pemain yang diturunkan hanya 10 orang dan barca mengalami kekalahan pertamanya dengan skor 1-0 dibawah kepemimpinan Wild. Dan Cules juga perlu tau Wild memegang jabatan presiden sampai april 1901 terhitung 513hari saja wild memegang posisi presiden dan selama Wild menjabat,Rumahnya adalah temoat yang dijadikan markas besar oleh Barcelona.
Bartomeu Terradas : Bartomeu adalah pemain Fc Barcelona di akhir Abad 19,Bendahara klub pertama dan President Kedua yang pernah dimiliki oleh klub catalan dalam sejarahnya.Dipertandingan Fc Barcelona yang pemain hanya 10 orang dibawah kepemimpinan Wild,Terradas juga ikut bermain di dalamnya….”Woowww Banget Yaaahhh”,,,Lanjutttt…Ketika Walter Wild mengundurkan diri pada bulan April 1901,Terradas sebagai bendahara klub yang harus menjalankan fungsi presiden dan mengatasi situasi ekonomi yang cukup sulit. Terradas adalah pelindung pertama klub barcelona,Dengan uang kontribusinya sebesar 1.400 peseta, Beliau berhasil berjuang menyelamatkan situasi finansial klub. Bartomeu Melepas posisi presiden pada 5 September 1902 dan berhasil menjalankan tugas selama 507 Hari.

Paul Haas : Paul Haas Adalah presiden pertama Barcelona yang tidak terlibat dalam proses pendirian klub,juga presiden pertama yang tidak pernah ikut bermain untuk klub. Ia adalah warga negara jerman yang menjadi presiden pada 5 September 1902 sampai 17 September 1903 dimana masa ini terhitung sangat pendek karena merupakan masa transisi dimana kesulitan finansial sedang berlangsung dan munculnya perselisihan dengan Federasi Olaharaga Spanyol yang ingin mengatur satu turnamen tanpa keikut sertaan warga neagara Asing yang bergabung dengan klub Fc Barcelona. Paul Hass adalah presiden ketiga Barcelona setelah Bartomeu Terradas dan masa kepemimpinan Paul Hass terhitung 377 hari dtandai sebagai masa transisi klub dimasa kesulitan finansial,Hass berjasa atas kontribusinya menyelenggarakan Barcelona Cup yang merupakan kejuaraan baru setelah Cataloni Campionat.
Arthur Witty : Arthur Witty ,Seorang pemain sepak bola dan juga presiden keempat Fc Barcelona,Witty juaga adalah seorang dari keluarga ternama inggris yang ikut mendirikan klub. Witty sempat bermain untuk Barcelona sejak tahun 1899 sampai dengan 1905 dengan 74 Caps. Selama enam musim kepemimpinannya, Masalah kemerdekaan Catalunya sering kli di perbincangkan dan ketika itu klub Espanyol mendominasi kompetisi sehingga Barca hanya satu kali meraih gelar juara di Catalan Campionat. Sebagai orang yang berasal dari luar spanyol, Witty lebih mengedepankan klub sebagai klub sepak bola profesional.Namun klub yang dipenuhi dengan identitas catalan itu ternyata tidak sejalan dengan pemikiran Witty, Sehingga Witty sempat merasa kesal dan memutuskan untuk mundur dari jabatannya.Puncak kekesalannya ketika terjadi pertandingan ada kelompok amrching band asala inggris memainkan lagu kebangasaan spanyol namun disoraki oleh penonton di stadion les corts.Karena kebingungan, Marching Band Kemudian memainkan lagu kebangsaan inggris dan mendapat tepuk tangan meriah karena penonton menganggap inggris mendukung kemerdekaan Catalan.

Joan Gamper : Gamper menjadi presiden ketika barcelona sedang dalam masa sulit. Beberapa pemain pensiun dan belum ada penggantinya sehingga mempengaruhi performa klub didalam lapangan maupun di luar lapangan dan barca tidak memenangi satu trofi sejak kemenangan di Campionat de Catalunya pada tahun 1905 dan kondisi keuangan ikut menurun.Gamper Menjabat Sebagai Presiden selama lima periode dan salah satu pencapaian terbaik selama menjadi presiden adalah membantu Barcelona memiliki stadion sendiri sampai tahun 1909,Barca selalu berpindah lapangan dan tidak satupun yang dimiliki oleh klub.Gamper kemudian melakukan penggalangan Dana dari pengusaha setempat sehingga pada 14 maret 1909 Barca pindah ke Carrer De industria,Satu stadion yang memuat 6.000 orang penonton.Gamper juga meyuarakan kampanye untuk meraih lebih banyak member,Sehingga pada tahun 1922 Barca bisa memiliki anggota sebanyak 10.000 member,Pertmbahan member ini membuat Barca pindah ke Les Corts yang memiliki 22.000 orang dan berkembang menjadi 60.000 orang. Dimana waktu Gemper Menjabat sebagai presiden Gamper merekrut pemain legenda barca, Paulino Alcantara,Seorang top skor tertinggi bagi klub dianggap sangat bersejarah dalam pencapaian Barca. Dan Gamper menunjuk Pelatih Jack Greenwall yang berhasil meningkatkan perofrma klub diatas lapangan. Dan selama era kepemimpinan Gamper, Fc Barcelona berhasil merebut sebelas trofi (Campionat de Catalaunya,Enam (Copa Del Rey), dan Empat trofi (coupe de pyrenees) tragedi kontroversial Gamper dan dimasa itulah jabatan berakhir dalam situasi yang menyedihkan, Pada tanggal 24 April 1925 Fans Barca mengejek lagu kebangsaan spanyol yang dimainkan marching band asal inggris,Namun menepuki dengan meriah lagu kebangsaan inggris yang dimainkan oleh marching band tersebut. Dan Diktator Primo de Rivera yang mengetahui hal tersebut menunjuk Gamper sebagai provokator yang memanaskan keinginan nasionalisme Catalan.Rivera menutup Les Corts selama enam bulan dan Gamper di deportasi dari spanyol dan kembali ke Swiss, Setelah beberapa lama berada dalam masa depresi pribadi ditambah dengan masalah keuangan yang berat sehingga Joan Gamper ditemukan melakukan Bunuh Diri pada 30 Juli 1930.

Otto Gmelin
: Otto Gmelin menjadi presiden barcelona menggantikan Joan Gamper dan menyelamatkan klub dari kepunahan karena belitan kesulitan finasial. Gmelin hanya menjabat sebagai presiden selama satu tahun saja sampai 17 November 1910.Selama 344Hari masa kepemimpinannya,dimana masa ini dikenal sebagai sebutan “Gran Otto” untuk menghargai figur dirinya yang berhasil mengembalikan kesejahteraan klub dan klub menjadi aktif kembali seperti pada saat pertama Gamper menjabat sebagai presiden.Barca tampil luar biasa dengan memenangi kompetisi Championship Spanyol untuk pertama kalinya,menjadi juara catalunya dengan poin tertinggi dan memenangi kejuaraan Prynees Cup. Masa kepemimpinan Gmelin bersamaan dengan munculnya semangat tinggi dalam sepak bola dan peningkatan pertambahan anggota pasif klub.Ketika Gmelin turun dari jabatannya,ia bergabung menjadi wasit spanyol dan menjadi member dewan kehormatan Barca yang didirkan oleh Gamper.
Josep Sunyol : Barcelona adalah salah satu klub yang secara intrinsik selalu terhubung dengan sejaran dan politik wilayah Catalunya. Klub ini berdiri diawal abad ke-20 yang ditandai dengan adanya konflik, dimana kota Barcelona secara berulang kali dipisahkan oleh diktator Rivera. Musim Berikutnya dibawah kepeminoinan Sunyol,Barca memenangi kejuaran Catalan meskipun nyaris kalah dari Rival Abadi Fc Real Madrid,Semua ini berkat ricardo Zamora yang menyelamatkan gawang barca dari kebololan.Sunyol bergabung sebagai dewan kehormatan barca pada tahun 1928 ketika dewan sedang dipimpin oleh Arcadi Balaguer.Saat menjadi anggota dewan ini sunyol juga menjabat sebagai presiden Federasi Sepak Bola Catalan dan menerbitkan majalan “La Rambla” sunyol terpilih sebagai anggota parlemen spanyol yang mewakili garis kiri Republik Catalunya pada tahun 1931. Namun tugasnya sebagai anggota parlemen tertahan karena pada 27 Juli 1935 Sunyol terpilih sebagai presiden Fc Barcelona. Ketika Perang sipil merebak pada Juli 1936, Kondisi ini mempengaruhi ritme sepak bola nasional spanyol.Jabatan Sunyol di Federasi Sepak Bola Catalan membuatnya dalam ancaman selama masa kepemimpinan Franco.Sempat terdengar berita mengenai hilangnya Sunyol,bersamaan dengan itu,berita konflik yang terjadi di wilayah valencia pun merebak di kota Barcelona. Dipercaya Josep Sunyol Mati Terbunuh oleh pasukan Franco.Sunyol hanya satu-satunya korban dari perang sipil dan kematiannya ini mewakili lahirnya Fc Barcelona sebagai media identitas rakyat Catalaunya Hingga Sekarang.

Agusti Montial
: Presiden Fc Barcelona.Montal Berhasil mengalahkan Pere Bete dalam pemilihan presiden pada tahun 1934 selama masa jabatannya.Montal merupakan pendukung besar kemerdekaan Catalunya dan menjadi oposisi yang kuat di Organisasi Federasi Olahraga Spanyol.Berkat Dirinya Barcelona Berhasil Memulihkan semua logo dan simbol awal klub juga inisial klub.Montal juga orang pertama yang memperkenalkan sistem adminitrasi modern pada klub.Ketegasan dalam pembelaan kepentingan klub membuahkan hasil.Perekrutan Johan Cruyff yang merupakan pemain terbaik dunia berhasil dilakukan.Cruyff berlabuh di BarcelonaKedatangan “Flying Dutchman” ini sangat penting dan fundamental bagi Barcelona karena klub memenangi gelar liga pada musim 1973 – 1974. Hal ini membuat montal kembali terpilih menjadi oresiden Fc Barcelona Untuk Kedua Kalinya.Masa Kepemimpinan montal selama delapan tahun sebagai masa keemasan dimana modernisasi administrsi dan momen pembukuan palau blaugrana dan palau de gel menjadi simbol emasnya.Montal mundur dari jabatannya di akhir masa jabatannya yang kedua pada tgl 18 Desember 1977.Wakil presiden mengambil alih posisinya untuk sementara sampai pemilihan presiden berikutnya dilakukan pada Mei 1978.
Josep Lluiz Nunez : Nunez adalah presiden fc barcelona yang brkuasa sejak 1978 hingga 2000.pada tgl 6 Mei 1978 dirinya dicalonkan sebagai presiden dan mengusung slogan “ Rep a triomfat Barca”, Ia menjadi calon termuda dengan usia 46 tahun yang akhirnya mengalahkan Ferran Arino dengan suara 10.352.Nunez menekankan bahwa barcelona harus memjadi yang terdepan secara ekonomi dan sosial, serta memiliki anggota yang besar untuk menjadi klub terbaik.sebelum nunuz menjabat barca memiliki member 77.905,di masa jabatan nunez barca memiliki member 106.000 orang.satu lagi fenomena yang diciptakan nunez adalah jumlah fans club yang sangat spektakuler, pada tahun 1978 barca memiliki 96 fans club diwilayah spanyol dan pada tahun 2000 jumlah itu membesar menjadi 1.300.Salah satu warisan nunez adalah renovasi Camp Nou hingga mampu memuat 125.000 orang,Nunez juga membangun stadion mini estadi pada tahun 1982,menciotakan museu de fc barcelona pada tahun 1984 dan merenovasi palau blaugrana hinggi memuat 8.500 penonton serta nune yang memangun La Masia.

Joan Gaspart : Gaspart,Pernah menjadi wakil presiden di bawah kepemimpinan Nunez,selama kepemimpinan Nunez dan gaspart mereka berdua sangat terkenal di warga catalan.dan Gaspart termasuk orang menyutujui perekrutan, romario,ronaldo,maradona da, rivaldo.Seiring dengan berjalannya waktu di masa kepemimpiminanya,Gaspart ternyata sudah tidak bisa menyelesaikan jabatannya-kurang dari lima tahun saja.pada tgl 13 Maret 2003 Gaspart Mengundurkan diri sebagai presiden di tengah krisis instituadi,Ekonomi,Sosial,Dan Olahraga,,,Pencapaian Gaspart klub tidak pernah meraih apapun titel selama tiga tahun Gaspart menjabat meskipun klub telah menginvestasikan 33.144 peseta untuk perekrutan pemain selama tiga musim.sebagian perekrutan gagal karena faktor pembayaran yang sulit di sepakati.Kegagalan Gaspart inin diyakini karena dia menyerahkan posisi direktur teknik dan pelatih kepada Llorenc Serra Ferrer kemuadian pada carles rexach,lalu mengontrak Luis Van Gaal (sudah meningglkan klub bertahun lamanya.Uang sebanyak 33.144 juta peseta yang diinvestasikan Gaspart untuk membeli pemain baru selama tiga musim menyebabkan naiknya gaji pemain dan berkurangnya pemasukan karena kerisis ekonomi yang dialami oleh klub.Sedangkan kegagalan Sosial Gaspart,Alih Alih menyatukan penggemar barca,Gaspart tidak mampu menangani keretakan sosial yang kemudian di tahun 2000 membuat Nunez mengundurkan diri.
Joan Laporta : Presiden Barcelona pada tahun 2003 sampai dengan 2010.pada tahun 2003 banyak generasi yang muncul direkrut oleh club yang muda dan penuh ide sertamencari memperkuat klub secara ekonomi dan sosial.Selama Laporta menjabat, Nilai-nilai tradisional makin diperkuat termasuk identitas Catalunya, Semangat masyarakat dan Universalitas.Selama tujuh tahun menjabata Laporta berhasil membuat klub meraih juara FIFA Club World Cup,Dua kali juara liga champion,satu kali juara super cup eropa,dan tida juara Catalonian Cup.Laporta juga berhasil bekerja sama bersama UNICEF dan mencantumkan logo UNICEF di bagian depan seragam,Hal ini bertujuan untuk menguatkan strategi Barcelona menjadi salah satu klub yang unik dengan slogan “Mes Que Un Comunitat” yang artinya “Bukan Sekedar Klub”.
Sandro Rosell : Rosell adalah presiden barcelona yang ke 39,seorang pengusaha sukses di spanyol dan Rosell meraih tiket MBA dan ESADE dan menjadi Advisor senior bagi Joan Laporta selama masa pemilihan president,itulah yang membuat rosell cukup terkenal di Barcelona.

Josep Maria Bartomeu
: memenangi pemilihan pada 18 Juli 2015 yang artinya dirinya masih terus memegang peran besar sebagai presiden FC Barcelona membawahi 16.331 anggota, peran yang telah diembannya sejak 23 Januari dan 9 Juni 2015 dimana di satu titik peran itu pernah dipegang oleh Komisi Manajemen yang dipimpin oleh Ramon Adell.
Bartomeu menjadi presiden FC Barcelona pada 23 Januari 2014, tanggal dimana Sandro Rosell mengumumkan pengunduran dirinya. Orang yang saat itu menjadi wakil presiden naik jabatan menggantikan Rosell dan memegang jabatan presiden selama 16 bulan (setengah musim 2014/15 dan musim 2015/2016).(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *