Lima Pemain Terbaik Barcelona Musim Ini

FCBI– Setelah 12 pekan, Barcelona dengan nyaman duduk di puncak klasemen La Liga. Performa mereka sangat luar biasa, memenangkan 11 laga, dan cuma sekali meraih hasil seri.Tentu, dari pencapaian itu ada lima pemain vital di kubu pasukan Ernesto Valverde. Mereka sukses membawa Barcelona membungkam semua kritik. Bahkan boleh dibilang tanpa mereka, klub Catalonia itu tak akan bangkit seperti sekarang ini. Berikut ini pemain paling berpengaruh di Barca musim ini, diantaranya Paulinho, Nelson Semedo, Jordi Alba, Andres Iniesta dan Lionel Messi.

Keputusan Barca untuk mengontrak mantan pemain Tottenham, Paulinho dari Guangzhou Evergrande membuat banyak pihak heran. Gelandang asal Brasil itu bergabung dengan suasana yang tidak menyenangkan dan dikritik karena jauh dari ingar-bingar Eropa. Namun setelah hanya tiga bulan bersama klub Catalona itu, pemain berusia 29 tahun tersebut dengan cepat membuktikan dirinya sebagai sosok berpengaruh di Spanyol. Membuktikan kritik yang salah dengan tampilan yang mengesankan dan konsisten, kehadirannya sangat membantu Barcelona menambahkan dimensi baru pada permainannya.

Paulinho kerap muncul dalam gol penting dan membentuk kerja sama yang baik dengan Lionel Messi. Bayangkan, untuk seorang pemain yang datang dari Guangzhou Evergrande, Paulinho telah mengemas tiga gol dan satu assist dalam 10 penampilannya di La Liga, capaian yang bisa menepis kritik. Cabutnya Dani Alves meninggalkan lubang yang signifikan di sisi kanan pertahanan Barcelona musim lalu. Menariknya, Barca memutuskan untuk tidak menandatangani fullback baru. Sebagai gantinya, mereka menaruh kepercayaan kepada Sergi Roberto dan Aleix Vidal. Namun, untuk beberapa alasan, keduanya konsisten di lini belakang. Namun, Barcelona tampaknya telah mengisi kekosongan Alves. Mendatangkan Nelson Semedo pada musim panas yang lalu dari Benfica merupakan keputusan tepat. Semedo dengan cepat beradaptasi baik. Ia solid saat bertahan, tenang dalam menahan bola, cerdas dan kuat.

Pertahanan Barca sangat efektif sejauh ini. Mereka hanya kebobolan empat gol di La Liga dan satu di Liga Champions. Alba boleh dibilang jadi salah satu kunci. Dia terus mengembangkan kemampuannya menciptakan peluang yang jelas di sepertiga akhir. Dengan 15 peluang tercipta dan empat assist dalam sembilan penampilan liga sejauh ini, dia adalah pemain terbaik Barcelona soal membuat peluang. Meskipun sering dikritik karena kurangnya konsistensi secara bertahan, dia telah berusaha memperbaikinya. Buktinya, dia sukses mencatatkan 17 intersep sejauh ini. Tekelnya juga krusial dengan rataan 1,3 kali per pertandingan yang jadi bukti kematangannya.

Pada usia 33 tahun, Iniesta masih menjadi penyihir lini tengah terbaik Barcelona musim ini. Visi, jangkauan passing yang bagus, kemampuan menggiring bola dan tingkat kreativitasnya tak tertandingi.Musim ini, dia mengambil peran lebih dalam di lini tengah, membiarkan Ivan Rakitic dan Paulinho sedikit maju. Namun, faktanya dia terus mendikte permainan dan mengendalikan permainan Barca. Menurut WhoScored.com, Iniesta telah mencatat 1,08 umpan kunci, 1,7 intersep, 0,7 tekel dan 2,3 dribel per pertandingan di Liga Champions musim ini. Mungkin yang tidak mengejutkan, Lionel Messi adalah pemain Barcelona yang paling berpengaruh musim ini. Barcelona sangat bergantung padanya dan itu terbukti saat dia menyumbang 40 persen gol untuk tim di La Liga, dan juga meraih 3 assist. Dengan 17 gol dalam 16 penampilan, ia duduk dengan nyaman di puncak daftar top skorer musim ini. Menurut WhoScored.com, dia rata-rata mengumpulkan 6,3 tembakan, 6,2 dribel dan 52 umpan per pertandingan di La Liga.

Dia adalah pemain paling kreatif yang telah menciptakan 34 peluang (25 di La Liga, sembilan di Liga Champions) sampai saat ini dalam 14 penampilan. Bermain dalam peran false nine, Messi sangat menikmati musim ini. Tampaknya statistik tersebut sudah menjadi bukti betapa vitalnya Messi di sana. Patut dinantikan apakah Messi bakal kembali bawa Barca juara Liga Champions musim ini.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *