Tetaplah Menghibur, Barca!

Sebagai perkenalan untuk anda-anda yang belum tahu, kehebohan sempat melanda negeri Spanyol di awal oktober lalu menyangkut masalah kemerdekaan  “ Negara Catalonia”. Penulis yakin, ada sebagian orang yang bingung, yakni yang bertanya “koq di Spanyol ada negara lain?”

Dan sebagian lainnya adalah yang tidak bingung, yang sambil senyum-senyum dan sesekali menganggukkan kepala tanda setuju mendengar berita tersebut. Yakinlah, yang disebut terakhir adalah penggemar sepakbola, terutamanya klub sepakbola dari institusi ternama FC Barcelona.

Biarlah Hans Kamper yang bertutur sebab muasal didirikannya klub sepakbola FC Barcelona. Mengutip dari wiikipedia, Hans dengan sederhananya memasang sebuah iklan di media Los Deportes, menyatakan bahwa dirinya ingin membentuk sebuah klub sepakbola. Iklan tersebut sukses direspon dengan berkumpulnya sebelas pemain di Gimnasio Sole pada tanggal 29 november.  Dan salah satu pemain yang hadir saat ini nantinya menjadi direktur klub yang pertama. Demikianlah, klub sepakbola FC Barcelona lahir. Sesederhana itu.

Di era kepelatihan Ernesto Valverde saat ini, klub kebanggaan masyarakat Catalonia ini resmi berusia 118 tahun. Klub sepakbola yang telah banyak mengalami banyak hal, baik di dalam dan diluar lapangan. Klub yang sukses menorehkan berbagai macam rekor. Dan klub dengan salah satu basis penggemar terbanyak di seluruh dunia. Penggemar unik, yang selalu menempatkan diri mereka sebagai penggemar sepakbola teratas, tetapi tidak jarang mengkritik habis-habisan apapun itu yang berkaitan dengan klub jika ada sesuatu hal (meski kecil) yang dirasa salah (atau kalah). Dan sebagian kecil penggemar tersebut ada di negara Indonesia.

Dan ijinkan kami, Fans Club Barcelona Indonesia –salah satu basis penggemar klub sepakbola FC Barcelona di indonesia- ingin berbagi kebahagiaan dengan memberikan ucapan, doa-doa, kritik-kritik dan terakhir yang tak kalah penting adalah harapan-harapan untuk klub yang sangat kami cintai ini. Yang terakhir kami ulangi lagi, harapan untuk klub yang sangat kami cintai.

Di tahun yang ke 118 ini, ketua umum FCBI Ilyas Baisa berharap “Mes Que Un Club” senantiasa menjadi landasan, dan jadi panutan para penggemar FC Barcelona yang ada di negara Indonesia senantiasa mendukung agenda-agenda kemanusiaan.

Dari pulau Kalimantan tepatnya Samarinda, saudara Eka Dian ingin akademi FC Barcelona –La Masia- bersinar kembali di tim utama. Senada dengannya, harapan agar para pemain muda klub semakin berkontribusi di tim utama juga disampaikan oleh Wahyu Almellets dari Kota Sidoarjo-Jawa Timur, Muhammad Andre dari Kota Palu-Sulawesi Tengah, Suroso dari Pekanbaru Kepulauan Riau,  Andre dari Kota Tarakan, dan Reza Oktofianto dari Jepara-Jawa Tengah.

Harapan yang selalu dinanti tiap akhir musim kompetisi  adalah FC Barcelona bisa tur ke Indonesia. Member FCBI Yuni dan Ida Bagus dari Pulau Bali menyebut jangan sampai FCB tidak jadi datang lagi ke Indonesia, pun saudara Obbie dari Yogyakarta juga berharap Messi dan kolega bisa merealisasikan kedatangan mereka di Indonesia. Hal ini juga diamini oleh Dodee dari kota Surabaya, Afrian Diga dari Kota Balikpapan, dan Farid dari Luwuk Banggai.

Harapan- harapan yang tak kalah penting adalah harapan agar musim ini anak asuh Ernesto Valverde bisa meraih gelar-gelar di akhir musim. Bahkan bisa mengulangi lagi rekor sapu bersih. Harapan tersebut langsung diamini oleh saudara Miswar dari Pinrang, Evans dari Sawahlunto, Moh Rudi dari Pemalang, Evans Cahya dari Sawahlunto, Baron Eiwa dari Probolinggo, Acu Herlian dari Kotawaringin Barat, Fadli Lubis dari Sibolga, Ferdiansyah dari Polewali Mandar, Muslimin Virja dari Tarakan, Lukman dari Gresik,  Hamim dari Banyuwangi, Ican dari Mandar, Andri dari Pekanbaru, Pian dari Tarakan dan Alfil dari Bangka.

Visca Barca! Semoga semakin menghibur di tahun ke 118 bagi seluruh penggemarmu di seluruh dunia.

One thought on “Tetaplah Menghibur, Barca!

  • November 30, 2017 at 23:00
    Permalink

    mantab slm knl dr sy usman dr bandung.. visca barca

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *