Sempat Diremehkan, Tiga Pemain Barcelona Tampil Mengesankan

FCBI– Barcelona menunjukkan kesuksesan pada aktivitas transfer musim ini. Padahal manuver mereka sempat diragukan, termasuk dari pendukung sendiri. Efektivitas Barcelona dalam bursa transfer musim panas lalu berujung performa konsisten. Tim asuhan Ernesto Valverde ini memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol dengan mengoleksi 36 poin dari 14 laga. Di Liga Champions, Barcelona juga sudah memastikan melangkah ke babak 16 besar. Kehilangan Neymar, yang hijrah ke Paris Saint-Germain, ternyata tidak membuat klub asal Katalan ini melemah di lapangan. Tiga lini Barcelona yang diisi pemain anyar menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Para pemain Barcelona lainnya seolah menjadi pelayan Lionel Messi, yang musim ini tampil menggila.

Ernesto Valverde mampu meracik timnya menjadi kekuatan menakutkan. Sejumlah pemain muda Barcelona juga tampil lebih matang dan sanggup bermain di beberapa posisi. Berikut ketiga pemain baru Barcelona yang tampil mengesankan setelah pembeliannya sempat diremehkan. Samuel Umtiti menjadi tandem bagi Gerad Pique di jantung pertahanan Barcelona. Keduanya menunjukkan level komunikasi yang mengesankan untuk mengawal lini belakang. Umtiti menggeser Javier Mascherano, yang sebelumnya jadi bek tengah andalan Blaugrana. Bek asal Prancis ini punya tekel nyaris sempurna dan jarang sekali melakukan blunder.

Usia Umtiti masih 24 tahun, tapi sudah memiliki kematangan dan fisik sangat bagus. Di awal pembelian pada musim panas 2016, tidak banyak yang mengenal nama Umtiti, kini dia langganan Timnas Prancis. Selanjutnya, Gerard Deulofeu merupakan produk asli La Masia Barcelona, tapi sempat melanglang buana ke beberapa klub Eropa. Kepindahan Neymar dari Barcelona banyak membantunya tampil reguler.

Kecepatan winger berusia 23 tahun ini kerap merepotkan bek-bek lawan. Deulofeu sanggup menyatu dengan permainan Barcelona di bawah asuhan Ernesto Valverde. Bermain dari bangku cadangan tidak memengaruhi penampilannya. Padahal ketika dipulangkan, banyak yang meragukan kualitas Deulofeu pantas membela Blaugrana. Namun, Deulofeu membuktikan kemampuannya dan mampu bermain bersama pemain kelas dunia seperti Andres Iniesta dan Lionel Messi.

Dan Paulinho, Barcelona membeli Paulinho dari klub Tiongkok, Guangzhou Evergrande musim panas tahun ini. Kritik hingga ejekan berdatangan mengiringi kedatangan Paulinho ke Camp Nou. Usia Paulinho sudah menginjak 29 tahun dan bukan transfer yang diharapkan fans Barcelona, selepas kepergian Neymar ke PSG. Tapi, gelandang asal Brasil itu ternyata menjadi bagian penting dalam penampilan mengesankan Barcelona musim ini.

Dia punya akurasi umpan tinggi dan kemampuan mengawali serangan balik sebelum bola dioper ke Lionel Messi atau Luis Suarez. Kualitas Paulinho memang pantas untuk berseragam Blaugrana. Sebagai gelandang bertahan, Paulinho bisa membuat Sergio Busquets lebih tenang sebagai tandemnya di lini tengah. Mantan pemain Tottenham Hotspur ini juga sering membantu serangan dan pos yang ditinggalkannya tetap aman.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *