Real Madrid Ogah ‘Guard of Honour’ untuk Barcelona

FCBI– Keputusan Zinedine Zidane dan Real Madrid untuk tak memberikan pagar penghormatan (Guard of Honour) untuk Barcelona mengundang reaksi dari berbagai pihak. Guard of Honour biasanya dilakukan ketika salah satu tim yang berlaga sudah menyegel gelar juara suatu ajang. Real Madrid dan Barcelona akan bertemu dalam laga El Clasico di Camp Nou pada tanggal 6 Mei 2018 mendatang. Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengatakan timnya tidak akan memberi penghormatan pada Barcelona seandainya tim Catalunya itu memastikan diri juara Liga Spanyol sebelum pertemuan tersebut terjadi.

Kini publik juga mendukung keputusan tersebut, seperti ditunjukkan oleh hasil polling yang dilakukan oleh media Spanyol, Marca. Poling dibedakan menjadi dua, dari para pembaca Marca berbahasa Inggris dan Spanyol. Sebanyak 63 persen responden dari 16.000 orang yang ikut serta dalam poling Marca berbahasa Inggris mendukung keputusan Real Madrid untuk tak melakukan pagar penghormatan. Sedangkan 37 persen sisanya berpendapat Real Madrid harus tetap melakukan Guard of Honour tersebut.

Hasil lebih ketat terjadi di poling Marca berbahasa Spanyol yang diikuti 115.000 orang. Sebanyak 52 persen mendukung keputusan Real Madrid sedangkan 48 persen sisanya menolak hal tersebut. “Saya tak tahu berapa kali anda mau bertanya tentang hal itu namun respons saya sudah jelas,” jawab Zidane ketika kembali ditanya soal Guard of Honour. “Barcelona yang mulai merusak tradisi,” kata pria asal Prancis itu. Barcelona memang menolak untuk memberikan Guard of Honour bagi Real Madrid saat kedua tim bersua pada laga El Clasico bulan Desember lalu. Padahal saat itu Real Madrid baru saja memperoleh gelar juara Piala Dunia Antarklub 2017.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *