El Clasico, Gol Semata Wayang Ivan Rakitic Pecundangi Real Madrid

 

FCBI– Barcelona kembali meraih kemenangan atas rival abadinya Real Madrid dilaga bertajuk El Clasico, Minggu dini hari. Gol semata wayang yang dicetak gelandang serang Barcelona, Ivan Rakitic, memastikan timnya memenangi laga pekan ke-26 Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol. Hasil tersebut kian memantapkan Barcelona di puncak klasemen, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Spanyol.

Barcelona kini memimpin klasemen Liga Spanyol dengan raihan 60 poin, terpaut 10 poin dari Atletico Madrid (50 poin) yang berada di urutan kedua dan 12 poin atas Madrid (48 poin) yang tertahan di peringkat ketiga. Pencapaian itu sekaligus memperpanjang catatan buruk Madrid yang tak pernah memenangi El Clasico di kancah Liga Spanyol dalam enam pertandingan terakhir dan hanya dua kali imbang di antaranya.

Catatan buruk tersebut sempat melecut Madrid untuk tampil agresif di awal laga namun tendangan bebas Gareth Bale masih melambung di atas mistar gawang dan tembakan Raphael Varane pada menit ke-13 masih dihalau oleh bek tengah Clement Lenglet. Pada menit ke-16 giliran Barcelona yang mengancam gawang Madrid saat Lionel Messi dan Luis Suarez melakukan kombinasi di tepian kotak penalti, namun hakim garis terlanjur mengangkat bendera tanda offside.

Barcelona memimpin pada menit ke-26 ketika Rakitic mengakhiri kerja sama umpan satu dua sentuhan bersama Sergi Roberto dengan tembakan yang melambungkan melewati kepala kiper Thibaut Courtois dan melesak ke dalam gawang. Suarez lantas melepaskan tembakan keras dari tepian kotak penalti pada menit ke-39 dalam upaya menggandakan keunggulan Barcelona, namun kali ini Courtois sigap menghalau datangnya bola dan mengamankan bola muntah yang berusaha disambar Messi.

Di pengujung babak pertama Luka Modric melakukan sundulan spekulasi menyambut umpan kiriman Bale, namun ia hanya bisa mengirimkan bola melambung di atas mistar gawang. Pada menit ke-56 giliran Marc-Andre ter Stegen yang dipaksa melakukan penyelamatan dengan satu tangannya untuk menghalau tembakan Vinicius Junior.

Tensi pertandingan kian memanas ketika kapten Madrid Sergio Ramos menjatuhkan Messi yang menggiring bola berusaha menerobos pertahanan tuan rumah dan sang kapten diganjar kartu kuning atas pelanggaran itu. Courtois lantas menghalau peluang Ousmane Dembele yang melepaskan tembakan rendah ke sudut gawang pada menit ke-70. Tiga menit jelang waktu normal usai giliran Ter Stegen yang melakukan penyelamatan penting untuk menjinakkan tembakan memutar Karim Benzema.

Messi hampir saja mencatatkan namanya di papan skor pada masa injury time namun tembakannya menyambut umpan Arturo Vidal tipis menyamping dari sasaran. Meski demikian, Messi tetap patut bersuka cita karena skor menunjukkan kemenangan 1-0 bagi Barcelona saat peluit tanda laga usai berbunyi di Santiago Bernabeu.(*)

Susunan pemain:
Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Sergio Reguilon; Luka Modric, Casemiro (Isco), Toni Kroos (Federico Valverde); Gareth Bale (Marco Asensio), Karim Benzema, Vinicius Junior.
Pelatih: Santiago Solari

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets (Nelson Semedo), Arthur (Arturo Vidal); Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele (Philippe Coutinho).
Pelatih: Ernesto Valverde.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *