Tentang FCBI

SEJARAH

Pada awal berdirinya, Fans Club Barcelona Indonesia (FCBI) dipelopori oleh beberapa cules yang berkumpul di forum diskusi kecil. Saat itu tidak ada forum khusus yang mewadahi para Fans Barcelona di Indonesia. Menurut kami, komunitas Barca di Indonesia layak untuk memiliki sebuah forum komunitas sendiri. Kami bukan sekedar klub, kami perlu berinteraksi, menjalin kekeluargaan dan kebersamaan. Sejak akhir tahun 2008, FCBI mulai dibentuk dan sebelum bulan Mei 2009 terciptalah sebuah wadah komunitas ini, situs www.fcbarcelona.web.id resmi dibuka untuk umum dan sejak tahun 2010 kami memiliki situs www.fcbindonesia.com sebagai web portal.

Tampilan website www.fcbarcelona.web.id pertama di buka tahun 2009
Tampilan website www.fcbarcelona.web.id pertama di buka tahun 2009

Situs tersebut terus dibangun dengan semangat kebersamaan dengan memberikan segalanya bagi Fans Barca diseluruh Indonesia. Setelah itu, FCBI berkembang dengan pesat. Dapat dilihat dari banyaknya aktifitas di beberapa wilayah di Indonesia dari Aceh hingga Papua, seperti futsal, nonton bareng, dan gathering. Kegiatan tersebut merupakan acara-acara yang bertujuan untuk membangun kebersamaan kami.

Tampilan portal www.fcbindonesia.com tahun 2010
Tampilan portal www.fcbindonesia.com tahun 2010

LOGO

Logo FCBI berbentuk tameng, persis seperti logo FC Barcelona dan gambar didalamnya juga sama, baik warna maupun tata letak. Hanya St. George Cross diganti dengan Bendera Merah Putih, sebagai lambang negara Indonesia. Hal ini sesuai dengan aturan Penya yang mewakili negara, seperti di Malaysia, USA, Argentina, Jepang dan lain-lain. Namun terdapat juga pembedanya, yaitu tulisan FCB diganti dengan FCBI karena ini adalah lambang FCBI. Lambang ini sudah sah menurut hukum di Indonesia bahwa ini milik FCBI.

Logo resmi Fans Club Barcelona Indonesia (FCBI)
Logo resmi Fans Club Barcelona Indonesia (FCBI)

SISTEM KOMUNITAS
Prinsip utama komunitas ini adalah organisasi nirlaba, yaitu kami tidak melakukan segalanya demi uang. Dalam perkembangannya selama ini semua member memberikan apa yang terbaik dari dirinya untuk FCBI, semua yang ada sekarang adalah jerih payah cules Indonesia. Semangat Socios menyebabkan kami rela untuk berkorban segalanya demi nama Barca di Indonesia. Kami berpegang pada prinsip utama FC Barcelona, dimana fans adalah penggerak dan tulang punggung daripada klub itu sendiri, maka semua member FCBI akan memberikan apa yang mampu Ia berikan demi kelangsungan organisasi ini. FCBI milik kita bersama, milik komunitas Barcelona Indonesia. Komunitas ini tidak hanya mengatakan “Saya pernah ada disana”, akan tetapi lebih pada kekuatan persahabatan yang tidak akan surut dimakan zaman. Karena prinsip kami adalah “Tots Units Fem Forca” yang artinya “Kita akan Kuat jika Kita Bersama” dan juga “Som Un” yang artinya “Kita adalah Satu”.

Pada situs web FCBI, Anda akan melihat forum FCBI yang berfungsi sebagai markas Fans Barca di Indonesia dan sarana utama komunitas bagi para member. Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini, jangan ragu-ragu untuk bergabung. Kami semua menerima dengan tangan terbuka. Visca Barca! Selain di web, kami juga dapat ditemukan di Facebook (www.facebook.com/FCB.Indonesia), Twitter (www.twitter.com/FCB_Indonesia), Instagram (www.instagram.com/official.fcbindonesia). Disini kami akan berbagi info dan kabar terbaru mengenai FC Barcelona dan kegiatan-kegiatan rutin yang dilaksanakan disetiap regional, selain itu kami juga rutin mengadakan “Kuis FCBI” yang bisa diikuti oleh seluruh followers.

KEGIATAN
Kegiatan-kegiatan FCBI sebenarnya belum sesuai dengan target kami sebagai Fans Barca. Kegiatan kami masih sebatas futsal, nonton bareng, gathering dan agenda amal. Mudah-mudahan kedepannya kami bisa membuat bangga negara ini dengan sebuah kegiatan kemanusiaan untuk kemajuan bangsa ini juga.

REGIONAL
Meskipun tujuan utama web dan forum adalah menyatukan seluruh Cules Indonesia dimana pun berada, akan tetapi kami butuh sarana untuk mempererat kebersamaan dimasing-masing daerah. Sejauh ini, database regional per tanggal 1 November 2017 sudah terdapat 43 regional resmi FCBI dan 9 regional persiapan.

Sebaran regional resmi per 1 November 2017
Sebaran regional resmi per 1 November 2017

JARINGAN
FCBI tidak akan bisa besar tanpa menjalin komunikasi dan hubungan dengan fans club lain. Sejauh ini kami berkomunikasi dengan fans club AIS, MI, ICI, JCI, PRMI dan sebagian besar tim yang sudah pernah bertemu dengan Barca, karena kami selalu mengajak mereka untuk mengadakan nonton bareng dan sparing futsal antar fans. Selain itu, kami juga dekat dengan Fans Barca negara lain seperti FC Barcelona Malaysia (FCBM). Diharapkan tidak akan lama lagi akan ada kegiatan-kegiatan gabungan antara FCBI dan FCBM.

KEANGGOTAA
N
Mulai musim 2010/2011, FCBI membuka keanggotaan (membership) resmi untuk cules di Indonesia. Keanggotaan ini dibagi menjadi dua type, yaitu gold dan silver.

 

Keuntungan menjadi member, disamping fasilitas yang sudah ada, potongan harga untuk setiap kegiatan FCBI (baik futsal maupun nonton bareng) dan juga potongan untuk mendapatkan Official Merchandise dari FCBI. Jumlah anggota per tanggal 1 November 2017 yang sudah terdaftar pada database sekitar 15ribu lebih member, jumlah ini akan masih bertambah.(*)